Minggu, 07 Februari 2016

Obyek wisata di Singkawang

Woow Nih Dia Wisata Menarik dari Pulau Singkawang




Pulau yang terletak di Kalimantan Barat ini ternyata memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi.Salah satu objek wisata di pulau tersebut adalah Wisata Rindu Alam. 
Rindu alam adalah tempat wisata yang dibuka untuk umum. Lokasinya terletak diantara Gunung Bajau, Gunung kota dan Gunung Pelapis. Hanya berjarak 18 km dari wisata Pasir Panjang dan Palm Beach, objek wisata alam yang sudah sangat terkenal di Kalimantan Barat.

Rindu alam berada pada ketinggian sekitar 400m dari permukaan laut, sehingga jika kita berada di puncak, akan terasa hawa dingin dengan pemandangan alam yang sangat mempesona.






Dari atas puncak tempat wisata Rindu Alam, akan terlihat hamparan laut, pegunungan kota Singkawang dari kejauhan. Secara kasat mata tempat wisata Rindu Alam, pemandangan seperti ini hampir mirip dengan pemandangan di objek wisata Uluwatu, Bali.







Disini terdapat hewan-hewan langka yang dilindungi oleh negara seperti Harimau Putih, Gajah, Singa, Onta, Kuda, orangutan, Rusa, Beruang, aneka burung dan jenis-jenis hewan langka lainnya yan belum pernah Anda saksikan. Lokasinya juga tidak jauh dari objek wisata Rindu Alam karena persis menyatu dengan Rindu Alam dan Sinka Island Park.

Tempat Wisata yang wajib dikunjungi



1. Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang merupakan sebuah pantai dengan pasir putih, warna airnya yang jernih kebiruan, dan terdapat deretan pohon yang ada di sekitarnya. Pantai ini terletak di Kecamatan Tujuhbelas, sekitar 17 km dari Kota Singkawang. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Pasir Panjang anda akan dikenakan tarif Rp 10.000 / orang.


Rasanya tak cukup jika hanya duduk bersantai saja di sini, karena berbagai kegiatan dapat anda lakukan di pantai ini, seperti berenang, berselancar, bermain voli, atau juga memancing. Seru bukan? Selain itu fasilitas di Tempat wisata yang satu ini juga tergolong lengkap, mulai dari restoran, toko souvenir, hotel, cottage, sampai diskotik.


2. Taman Alun-alun Kapuas
Taman Alun-alun Kapuas

Taman Alun-alun Kapuas

Selain menjadi jalur dari transportasi air, Sungai Kapuas juga dimanfa'atkan tepiannya sebagai taman rekreasi keluarga. Tempat wisata ini berada di depan kantor walikota, banyak orang mengunjungi tempat ini pada sa'at sore dan malam hari. Taman rekreasi ini memiliki luas sekitar 3 hektar dengan replika Tugu Khatulistiwa pada salah stu sudutnya. Selain menikmati indah suasana taman, anda juga bisa menyantap aneka kuliner yang dijual di sekitar lokasi.


3. Rumah Betang Radakng
Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng adalah replika dari rumah adat suku Dayak Kalimantan Barat dan merupakan tempat wisata andalan pemerintah kota yang pernah meraih rekor, rumah adat terpanjang di Indonesia, karena panjangnya yang mencapai 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Ciri rumah ini berbentuk rumah panggung panjang. Rumah Betang Radakng terdiri dari 3 bagian, yaitu teras, ruang selasar yang digunakan untuk berkumpulnya seluruh keluarga, dan ruang tidur yang merupakan ruang pribadi tiap kepala keluarga.


4. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Aloe Vera Center adalah tempat budidaya tanaman lidah buaya, barada di Jalan Budi Utomo, Pontianak Utara. Anda bisa menuju tempat wisata ini dari terminal Kapuas dengan naik angkot jurusan Siatan Hilir. Di tempat ini, anda bisa menjumpai tanaman lidah buaya yang berukuran raksasa, bisa anda bayangkan, berat setiap pelepahnya mencapai 1,2 kg.


Selain itu, anda juga bisa melihat proses pengolahan tanaman lidah buaya ini menjadi aneka makanan, seperti permen, dodol, dan tepung. Selain diolah menjadi makanan, tanaman ini juga diolah menjadi krim untuk kulit. Untuk oleh-oleh, anda bisa membeli aneka produk olahan tadi untuk teman atau keluarga di rumah.


5. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa berada sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak dan merupakan tugu kebanggaan warga Pontianak. Di Tugu utama terdiri 4 pilar kayu berlian, 2 pilar bagian belakang yang lebih tinggi dari pada pilar bagian depan. Terdapat sebuah tulisan EVENAAR diantara 2 pilar belakang. Di sini terdapat museum yang berisikan informasi tentang garis imajinasi bumi ini. Di sekitar tempat wisata ini banyak toko souvenir yang menjual miniatur Tugu Khatulistiwa. 


6. Sinka Island Park

Sinka Island Park

Sinka Island Park

Sinka Island Park merupakan taman rekreasi terpadu yang letaknya berada di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Di sini terdapat juga kebun binatang, pantai, dan kolam renang. Salah satu tempat wisata yakni Sinka Zoo adalah kebun binatang mini yang memiliki sekitar 200 ekor binatang dari 62 spesies. Untuk masuk di kebun binatang ini anda akan dikenaakan biaya sebesar Rp 10.000.


Jika anda ingin menikmati panorama pantai, anda bisa datang ke Pantai Banjau. Tempat wisata ini tidak cocok untuk berenang, karena tepiannya yang berupa bebatuan. Untuk masuk di kawasan tempat wisata ini anda dikenakan biaya R. 20.000. Jika ingin berenang, anda bisa ke kolam renang yang sudah disediakan.


7. Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville adalah sebuah taman yang didominasi oleh bunga Bougenville dan merupakan sebuah taman yang cukup dikenal di Singkawang. Bougenville, atau yang biasa disebut dengan bunga kertas adalah salah satu tanaman hias terpopuler di dunia. Taman bunga ini berada di Desa Sijangkung, dengan jarak sekitar 6 km dari kota Singkawang. Lokasi taman bunga ini berada di kaki bukit berlatar belakang Gunung Pasi yang dikelilingi areal hutan dan perkebunan. Di taman bunga ini para wisatawan akan disuguhi lebih kurang 46 spesies bunga Bougeville dari dalam negeri ataupun dari luar negeri.


8. Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat

Museum yang berada di Kalimantan Barat ini disebut juga sebagai Museum Negeri Pontianak. Tempat wisata bersejarah ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak. Di Museum ini ada pembagian tiga zona yang tga zona tersebut memiliki koleksi yang berbeda-beda. Mulai dari penemuan artefak di Kalimantan barat, benda-benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya suku Dayak, hingga koleksi keramik dari Cina.

Di luar bangunan museum ini, akan ada sebuah taman kecil dengan jembatan kayu yang biasanya dijadikan lokasi untuk berfoto pengunjung. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, ada baiknya mengetahui jam bukanya yakni setiap hari Selasa - Kamis, jam 08:00 – 16:00 dan Jumat - Minggu, jam 08:00 – 15:00. Nmaun jangan pada hari Senin karena tempat wisata ini tutup.


9. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak

Nama populer masjid ini Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Masjid Jami Pontianak menjadi saksi asal mula kota Pontianak bersama Keraton. Bangunan masjid ini memiliki atap masjid yang bertingkat empat. Sementara di dalamnya juga terdapat empat pilar utama dari kayu belian berdiameter 0,5 meter. Masjid ini mampu menampung hingga 1.500 orang jamaah. Bangunan Masjid Jami Pontianak dibangun dengan gaya rumah panggung. Hal ini untuk menghindari banjir saat Sungai Kapuas meluap.

Masjid Jami Pontianak berlokasi sekitar 200 meter dari Keraton Kadriah. Di dekat masjid, terdapat sebuah pasar tradisional yang tepatnya berada di sebelah kiri pintu masuk masjid. Sehingga Anda bisa menyempatkan untuk mampir berbelanja membeli ikan segar dari sungai Kapuas di pasar tradisional ini.


10. Makam Kesultanan Batu Layang

Makam Kesultanan Batu Layang

Makam Kesultanan Batu Layang

Tempat wisata ini merupakan kompleks tempat pemakaman tujuh sultan Pontianak dan keluarganya. Makam utama disini adalah makam sultan pertama yaitu makam Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, yang letak makamnya berada di dalam sebuah ruangan tepatnya di tengah kompleks yang berbentuk mirip bunker kecil. Untuk pintu masuk peziarah dibuat rendah, jadi para peziarah harus merunduk ketika memasuki. Hal ini juga sebagai penghormatan pada sultan.

Di luar area kompleks terdapat sebuah gundukan batu berwarna hijau. Batu ini yang sering disebut sebagai batulayang. Tempat kompleks pemakaman ini berada sekitar 2 km dari Tugu Khatulistiwa. Jika Anda ingin kesini, tak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk karena tidak dipungut biaya.


11. Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Keraton Kadriah dibangun tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yakni sultan pertama Kesultanan Pontianak. Letak Keraton Kadriah ini berada di Jalan Tritura, Pontianak. Bangunan dari keraton ini didominasi oleh warna kuning dan terbuat dari bahan kayu belian. Kayu belian di Kalimantan terkenal sebagai kayu besi karena kekuatannya.

Di halaman Keraton Kadriah,ada meriam kuno bekas peninggalan Jepang dan Portugis. Di dalam bangunan, terdapat singgasana sultan dan permaisuri, lengkap dengan foto-foto sultan, pakaian sultan dan berbagai koleksi lainnya milik sultan. Ada salah satu koleksi yang unik yaitu sebuah Al Quran yang ditulis dengan tangan Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.





Wisata Pantai Di Kalimantan Barat

Tempat Wisata di Kalimantan Barat :

 Pantai Pasir Panjang







Pantai Pasir Panjang atau di kenal dengan Long Beach adalah Obyek wisata yang paling menarik di Singkawang Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan selama 20 menit (17 Km) dari pusat Kota Singkawang ke arah Pontianak. Pantai ini dinamakan pantai pasir panjang karena pantai ini beredar sepanjang 3km, dengan diselubungi pasir putih dan air yang tenang.
Pantai ini terletak kurang lebih 15 Km sebelah selatan pusat kota Singkawang dengan fasilitas pendukung yang tersedia seperti kolam renang, motel, pemancingan, restoran, diskotik dan sarana bermain. Terdapat sarana olah raga bermotor seperti track/sirkuit bagi para kawula muda untuk menyalurkan bakatnya dalam road race maupun grass track. Dengan air laut yang tenang pantai ini juga cocok untuk berkembangnya olah raga jetsky dan parasailling. Pasir panjang merupakan kawasan yang strategis karena letaknya dipinggir jalur transportasi antara ibukota propinsi, Pontianak dengan Kota Singkawang dan kota-kota disekitar jalur Utara Kalimantan Barat. Pantai Pasir Panjang telah lama menjadi tempat rekreasi yang terkenal, menghadap ke Laut Natuna serta beberapa pulau kecil di sekitarnya antara lain Pulau Randayan, Pulau Lemukutan dan Pulau Kabung.

pasir-panjang1

Namun sayangnya, dari tahun ketahun pesona indah pantai pasir panjang mulai ternodai. di tandai sejauh mata memandang terdapat banyak tumpukan sampah bekas para pengunjung makan dan minum. Apalagi ketika mulai menjelang libur seperti sekarang ini, berbondong-bondong masyarakat menyempatkan diri berlibur ke sana. hal ini dikarenakan harga tiket hanya di patok sekitar Rp. 5000 / orang dewasa.
Disekitar pantai, pengunjung tidak perlu takut kelaparan atau kehausan, atau bahkan kehilangan sinyal dari handphone. karena beberapa tahun terakhir, sejumlah provider-provider telepon seluler sudah bisa anda nikmati walaupun anda berada di sekitar pasir panjang. juga di sepanjang sisi pantai terdapat pondok-pondok yang menyediakan berbagai makanan laut untuk anda nikmati bersama keluarga. bahkan jika anda malas untuk meninggalkan tempat duduk anda, akan ada para anak kecil yang menjajakan makanan dan minuman.
Suasana kawasan ini kian eksklusif menjelang detik-detik terbenamnya matahari (sunset) di balik pulau-pulau yang terdapat di sekitar kawasan pantai ini. Pengunjung dapat menikmatinya dari pinggir pantai atau dari pondok-pondok wisata yang banyak terdapat di kawasan tersebut.
Pantai pasir panjang terbagi menjadi dua bagian, yaitu pasir panjang 1 dan pasir panjang 2. Yang sering dikunjungi wisatawan adalah pasir panjang 1, karena letaknya strategis dari pintu masuk dan cocok untuk bermain surfing atau sekedar bermain dengan keluarga. sedangakan pasir panjang 2, terkadang sepi. karena kawasan ini diliputi dengan batu-batuan besar dan beberapa stayhouse untuk menginap. untuk lebih lanjut, anda bisa melihat video dibawah ini :

14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat

14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat
image

 Tahun ini saya sedang berada di bumi Kalimantan Barat. Masih banyak surga tersembunyi di tempat ini yang bahkan masih menjadi destinasi impian yang ingin saya datangi. Lahir dan besar di Kalimantan Barat, tidak membuat saya serta merta bisa menjelajah setiap sudut provinsi yang besarnya satu setengah kali pulau Jawa ini.
Bertepatan juga dengan POSBAR TBI #14on14, maka saya ingin menuliskan 14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat, supaya para jomblo bisa move on dari galaunya di hari valentine dengan mengunjungi tempat ini, atau para pasangan bisa merayakan valentine tak terlupakan disini.
1. Bukit Penjamur Bengkayang
image
Sumber
Bukit ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 900 mdpl. Terletak di Kabupaten Bengkayang, yang dapat ditempuh sekitar 4 Jam jalur darat dari Pontianak, bukit ini tengah menjadi primadona dikalangan pencinta alam di provinsi ini. Dengan trek yang tidak terlalu sulit dan akses masuk yang mudah dijangkau, Bukit Penjamur ini menawarkan pemandangan lautan awan dan sunrise yang spektakuler.
2. Sungai Kakap
image
Sumber
Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1.5 jam dari Pontianak, Kec. Sungai Kakap yang terletak di Kab. Kubu Raya ini menawarkan eksotisme desa muara. Melihat kehidupan para nelayan tradisional, ekosistem hutan bakau, kelenteng di tengah laut dan akulturasi budaya Tionghoa dengan Melayu dan Dayak menjadi daya tarik tempat ini. Anda akan melihat jembatan geretak kayu, ataupun jembatan unik berukir aksara Tionghoa.
3. Pantai Temajuk
image
Sumber
Merasakan eksotisme pantai perawan di perbatasan Indonesia dan Malaysia pasti akan menjadi kenangan tak terlupakan. Perjalanan yang jauh dan melelahkan ke desa terpencil di Kec. Paloh, Kab. Sambas ini akan terbayar ketika melihat birunya laut, dan putihnya pasir pantai Temajuk. Pantai ini hanya berjarak 4 Km dari border Indonesia-Malaysia, dan anda dapat menuju kesana untuk merasakan kehidupan di titik terdepan negeri ini, atau sekedar berfoto dengan latar belakang bendera dua negara.
4. Pulau Selimpai
image
Sumber
Masih di Kab. Sambas, Pulau Selimpai adalah pulau yang terpisah dari daratan utama oleh sebuah sungai. Pulau ini berbatasan langsung dengan laut Natuna, dan menawarkan pantai pasir putih dan jajaran hutan pinus. Pulau ini juga menjadi tempat penyu bertelur dan terdapat bekas penangkaran penyu. Dengan medan yang masih lebih mudah dari pantai Temajuk, pantai ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin menikmati pantai eksotis yang perawan di utara Kal-Bar.
5. Air Terjun Mananggar
image
Sumber
Bukan, Air terjun ini bukan Niagara di Amerika sana. Air terjun ini terletak di Kec. Serimbu, Kab. Landak sekitar 5 Jam perjalanan darat dari Pontianak. Menawarkan air terjun yang masih alami di tengah rimba Kalimantan, maka anda akan merasakan pengalaman tak terlupakan disini. Berinteraksi dengan masyarakat Dayak di sekitar air terjun juga akan memperkaya pengetahuan budaya anda.
6. Danau Sentarum
image
Sumber
Taman Nasional Danau Sentarum adalah taman nasional yang terletak di Kab. Kapuas Hulu. Perjalanan ke kabupatan ini dapat ditempuh satu hari perjalanan jalur darat dari Pontianak, atau 45 menit melalui jalur udara. Danau Sentarum merupakan danau penampung air hujan. Dikala musim penghujan, maka danau ini akan pasang, dan menggenangi pepohonan disana. Dikala musim kemarau, air mengering dan membuat areal danau seolah menjadi padang Sabana. Danau ini merupakan habitat Ikan Arwana dan merupakan daerah lingkup perhuluan sungai Kapuas.
7. Bukit Kelam
image
Sumber
Bukit Kelam adalah bukit batu yang terletak di Kab. Sintang. Dapat ditempuh sekitar 9 Jam perjalanan darat dari Pontianak. Batu ini kabarnya merupakan batuan monolit terbesar di dunia, lebih besar dari Uluru di Australia. Di kaki bukit ini, terdapat tempat ziarah jalan salib untuk agama Katolik. Mendaki bukit ini merupakan sesuatu yang menantang, dan cocok untuk mereka yang suka dengan olahraga panjat tebing.
8. Gunung Palong
image
Sumber
Taman Nasional Gunung Palong adalah taman nasional yang terletak di kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. Taman nasional ini ditetapakan sebagai taman nasional dengan ekosistem yang paling beragam di Indonesia. Taman nasional ini juga menjadi habitat Orang Utan, Bekatan dan Burung Enggang, binatang khas pulau Kalimantan. Jika beberapa bulan lalu anda sering melihat foto-foto Tim Laman di Instagram National Geographic, maka foto tersebut berasal dari taman nasional ini.
9. Kota Singkawang
image
Sumber
Tidak perlu jauh ke negeri Tiongkok sana untuk merasakan suasana kental etnis Tionghoa. Kota Singkawang adalah tempat dimana anda bisa merasakan budaya etnis tionghoa di tiap sisi kotanya. Kota yang dijuluki kota seribu kelenteng ini menawarkan atraksi Imlek dan Cap Go Meh, selain pantai pasir putih dan juga perbukitannya. Tidak seperti kota lain yang identik dengan peradaban etnis Tionghoanya dimana Bahasa Cina penduduknya sudah mulai luntur, Singkawang menawarkan sesatu yang berbeda dimana Bahasa Cina daerah seperti Hakka dan Tio Ciu masih digunakan dalam percakapan sehari-hari.
10. Rumah Radakng
image
Sumber
Merupakan rumah khas suku Dayak, Rumah Radakng, Rumah Betang atau Rumah Panjang merupakan objek yang wajib dikunjungi jika bertandang ke Kal-Bar. Mulai dari rumah betang yang masih tradisional di Kampung Saham Kab. Landak hingga rumah radakng modern di kota Pontianak bisa dijadikan pilihan anda untuk mengenal kehidupan sehari-hari orang Dayak.
11. Museum Negeri Kal-Bar
image
Sumber
Berkunjung ke museum ini cocok bagi anda yang suka mempelajari segala sesatu dengan cepat. Tidak perlu berkeliling Kalimantan Barat, berkeliling museum ini  saja sudah cukup memberikan kita pengetahuan lengkap tentang provinsi Kalimantan Barat. Dengan tiket masuk yang sangat murah, hanya 1000 rupiah maka berkunjung ke museum ini merupakan sesuatu yang sangat Worth It.

12. Hutan Kota Untan
image
Sumber
Bagi anda yang ingin merasakan sensasi hutan rimba Kalimantan, tetapi tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam menuju kesana, maka hutan kota Untan adalah jawabannya. Hutan kota yang ada dalam kompleks Universitas Tanjungpura ini terletak hanya “sepelemparan batu” dari pusat perdagangan Ayani Mega Mall. Jadi benar-benar ada di dalam kota. Di hutan ini anda dapat melihat tumbuhan liar seperti anggrek dan kantong semar, kayu-kayu langka dari Kalimantan, bahkan hewan-hewan yang sudah susah ditemui di dalam kota.
13. Kampung Beting
image
Sumber
Terlepas dari stigma tempat ini sebagai The Bronx nya Pontianak, mengunjungi Kampung Beting adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Melihat rumah-rumah penduduk berdiri diatas lumpur sungai Kapuas, membuat kampung ini terlihat seolah terapung. Di tempat inilah terdapat Istana Kesultanan Pontianak dan Masjid Jami. Anda juga bisa merasakan jembatan geretak terpanjang di dunia. Jembatan ini awalnya merupakan jalan yang terbuat dari kayu, yang menghubungkan rumah-rumah yang berdiri di atas air. Karena ketika dilewati kendaraan motor berbunyi “geretak geretak” maka jembatan kayu di Pontianak disebut geretak. Sayang beberapa geretak atasnya sudah di beton.
14. Sungai Kapuas
image
Sumber
Sungai terpanjang di Indonesia ini adalah nadi kehidupan rakyat Kal-Bar, sehingga jika anda menjelajahi sungai ini, maka anda akan semakin mengenal kehidupan masyarakat di provinsi ini. Menjelajahi sungai ini bisa dimulai dengan naik kapal wisata selama 45 menit di dalam kota Pontianak, hingga menyewa kapal tradisional yang akan mengantar anda menjelajahi sungai ini hingga perhuluannya di Kabupaten Kapuas Hulu.