Minggu, 07 Februari 2016

Tempat Wisata yang wajib dikunjungi



1. Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang merupakan sebuah pantai dengan pasir putih, warna airnya yang jernih kebiruan, dan terdapat deretan pohon yang ada di sekitarnya. Pantai ini terletak di Kecamatan Tujuhbelas, sekitar 17 km dari Kota Singkawang. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Pasir Panjang anda akan dikenakan tarif Rp 10.000 / orang.


Rasanya tak cukup jika hanya duduk bersantai saja di sini, karena berbagai kegiatan dapat anda lakukan di pantai ini, seperti berenang, berselancar, bermain voli, atau juga memancing. Seru bukan? Selain itu fasilitas di Tempat wisata yang satu ini juga tergolong lengkap, mulai dari restoran, toko souvenir, hotel, cottage, sampai diskotik.


2. Taman Alun-alun Kapuas
Taman Alun-alun Kapuas

Taman Alun-alun Kapuas

Selain menjadi jalur dari transportasi air, Sungai Kapuas juga dimanfa'atkan tepiannya sebagai taman rekreasi keluarga. Tempat wisata ini berada di depan kantor walikota, banyak orang mengunjungi tempat ini pada sa'at sore dan malam hari. Taman rekreasi ini memiliki luas sekitar 3 hektar dengan replika Tugu Khatulistiwa pada salah stu sudutnya. Selain menikmati indah suasana taman, anda juga bisa menyantap aneka kuliner yang dijual di sekitar lokasi.


3. Rumah Betang Radakng
Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng adalah replika dari rumah adat suku Dayak Kalimantan Barat dan merupakan tempat wisata andalan pemerintah kota yang pernah meraih rekor, rumah adat terpanjang di Indonesia, karena panjangnya yang mencapai 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Ciri rumah ini berbentuk rumah panggung panjang. Rumah Betang Radakng terdiri dari 3 bagian, yaitu teras, ruang selasar yang digunakan untuk berkumpulnya seluruh keluarga, dan ruang tidur yang merupakan ruang pribadi tiap kepala keluarga.


4. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Aloe Vera Center adalah tempat budidaya tanaman lidah buaya, barada di Jalan Budi Utomo, Pontianak Utara. Anda bisa menuju tempat wisata ini dari terminal Kapuas dengan naik angkot jurusan Siatan Hilir. Di tempat ini, anda bisa menjumpai tanaman lidah buaya yang berukuran raksasa, bisa anda bayangkan, berat setiap pelepahnya mencapai 1,2 kg.


Selain itu, anda juga bisa melihat proses pengolahan tanaman lidah buaya ini menjadi aneka makanan, seperti permen, dodol, dan tepung. Selain diolah menjadi makanan, tanaman ini juga diolah menjadi krim untuk kulit. Untuk oleh-oleh, anda bisa membeli aneka produk olahan tadi untuk teman atau keluarga di rumah.


5. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa berada sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak dan merupakan tugu kebanggaan warga Pontianak. Di Tugu utama terdiri 4 pilar kayu berlian, 2 pilar bagian belakang yang lebih tinggi dari pada pilar bagian depan. Terdapat sebuah tulisan EVENAAR diantara 2 pilar belakang. Di sini terdapat museum yang berisikan informasi tentang garis imajinasi bumi ini. Di sekitar tempat wisata ini banyak toko souvenir yang menjual miniatur Tugu Khatulistiwa. 


6. Sinka Island Park

Sinka Island Park

Sinka Island Park

Sinka Island Park merupakan taman rekreasi terpadu yang letaknya berada di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Di sini terdapat juga kebun binatang, pantai, dan kolam renang. Salah satu tempat wisata yakni Sinka Zoo adalah kebun binatang mini yang memiliki sekitar 200 ekor binatang dari 62 spesies. Untuk masuk di kebun binatang ini anda akan dikenaakan biaya sebesar Rp 10.000.


Jika anda ingin menikmati panorama pantai, anda bisa datang ke Pantai Banjau. Tempat wisata ini tidak cocok untuk berenang, karena tepiannya yang berupa bebatuan. Untuk masuk di kawasan tempat wisata ini anda dikenakan biaya R. 20.000. Jika ingin berenang, anda bisa ke kolam renang yang sudah disediakan.


7. Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville adalah sebuah taman yang didominasi oleh bunga Bougenville dan merupakan sebuah taman yang cukup dikenal di Singkawang. Bougenville, atau yang biasa disebut dengan bunga kertas adalah salah satu tanaman hias terpopuler di dunia. Taman bunga ini berada di Desa Sijangkung, dengan jarak sekitar 6 km dari kota Singkawang. Lokasi taman bunga ini berada di kaki bukit berlatar belakang Gunung Pasi yang dikelilingi areal hutan dan perkebunan. Di taman bunga ini para wisatawan akan disuguhi lebih kurang 46 spesies bunga Bougeville dari dalam negeri ataupun dari luar negeri.


8. Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat

Museum yang berada di Kalimantan Barat ini disebut juga sebagai Museum Negeri Pontianak. Tempat wisata bersejarah ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak. Di Museum ini ada pembagian tiga zona yang tga zona tersebut memiliki koleksi yang berbeda-beda. Mulai dari penemuan artefak di Kalimantan barat, benda-benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya suku Dayak, hingga koleksi keramik dari Cina.

Di luar bangunan museum ini, akan ada sebuah taman kecil dengan jembatan kayu yang biasanya dijadikan lokasi untuk berfoto pengunjung. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, ada baiknya mengetahui jam bukanya yakni setiap hari Selasa - Kamis, jam 08:00 – 16:00 dan Jumat - Minggu, jam 08:00 – 15:00. Nmaun jangan pada hari Senin karena tempat wisata ini tutup.


9. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak

Nama populer masjid ini Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Masjid Jami Pontianak menjadi saksi asal mula kota Pontianak bersama Keraton. Bangunan masjid ini memiliki atap masjid yang bertingkat empat. Sementara di dalamnya juga terdapat empat pilar utama dari kayu belian berdiameter 0,5 meter. Masjid ini mampu menampung hingga 1.500 orang jamaah. Bangunan Masjid Jami Pontianak dibangun dengan gaya rumah panggung. Hal ini untuk menghindari banjir saat Sungai Kapuas meluap.

Masjid Jami Pontianak berlokasi sekitar 200 meter dari Keraton Kadriah. Di dekat masjid, terdapat sebuah pasar tradisional yang tepatnya berada di sebelah kiri pintu masuk masjid. Sehingga Anda bisa menyempatkan untuk mampir berbelanja membeli ikan segar dari sungai Kapuas di pasar tradisional ini.


10. Makam Kesultanan Batu Layang

Makam Kesultanan Batu Layang

Makam Kesultanan Batu Layang

Tempat wisata ini merupakan kompleks tempat pemakaman tujuh sultan Pontianak dan keluarganya. Makam utama disini adalah makam sultan pertama yaitu makam Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, yang letak makamnya berada di dalam sebuah ruangan tepatnya di tengah kompleks yang berbentuk mirip bunker kecil. Untuk pintu masuk peziarah dibuat rendah, jadi para peziarah harus merunduk ketika memasuki. Hal ini juga sebagai penghormatan pada sultan.

Di luar area kompleks terdapat sebuah gundukan batu berwarna hijau. Batu ini yang sering disebut sebagai batulayang. Tempat kompleks pemakaman ini berada sekitar 2 km dari Tugu Khatulistiwa. Jika Anda ingin kesini, tak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk karena tidak dipungut biaya.


11. Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Keraton Kadriah dibangun tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yakni sultan pertama Kesultanan Pontianak. Letak Keraton Kadriah ini berada di Jalan Tritura, Pontianak. Bangunan dari keraton ini didominasi oleh warna kuning dan terbuat dari bahan kayu belian. Kayu belian di Kalimantan terkenal sebagai kayu besi karena kekuatannya.

Di halaman Keraton Kadriah,ada meriam kuno bekas peninggalan Jepang dan Portugis. Di dalam bangunan, terdapat singgasana sultan dan permaisuri, lengkap dengan foto-foto sultan, pakaian sultan dan berbagai koleksi lainnya milik sultan. Ada salah satu koleksi yang unik yaitu sebuah Al Quran yang ditulis dengan tangan Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar