Minggu, 07 Februari 2016

14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat

14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat
image

 Tahun ini saya sedang berada di bumi Kalimantan Barat. Masih banyak surga tersembunyi di tempat ini yang bahkan masih menjadi destinasi impian yang ingin saya datangi. Lahir dan besar di Kalimantan Barat, tidak membuat saya serta merta bisa menjelajah setiap sudut provinsi yang besarnya satu setengah kali pulau Jawa ini.
Bertepatan juga dengan POSBAR TBI #14on14, maka saya ingin menuliskan 14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat, supaya para jomblo bisa move on dari galaunya di hari valentine dengan mengunjungi tempat ini, atau para pasangan bisa merayakan valentine tak terlupakan disini.
1. Bukit Penjamur Bengkayang
image
Sumber
Bukit ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 900 mdpl. Terletak di Kabupaten Bengkayang, yang dapat ditempuh sekitar 4 Jam jalur darat dari Pontianak, bukit ini tengah menjadi primadona dikalangan pencinta alam di provinsi ini. Dengan trek yang tidak terlalu sulit dan akses masuk yang mudah dijangkau, Bukit Penjamur ini menawarkan pemandangan lautan awan dan sunrise yang spektakuler.
2. Sungai Kakap
image
Sumber
Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1.5 jam dari Pontianak, Kec. Sungai Kakap yang terletak di Kab. Kubu Raya ini menawarkan eksotisme desa muara. Melihat kehidupan para nelayan tradisional, ekosistem hutan bakau, kelenteng di tengah laut dan akulturasi budaya Tionghoa dengan Melayu dan Dayak menjadi daya tarik tempat ini. Anda akan melihat jembatan geretak kayu, ataupun jembatan unik berukir aksara Tionghoa.
3. Pantai Temajuk
image
Sumber
Merasakan eksotisme pantai perawan di perbatasan Indonesia dan Malaysia pasti akan menjadi kenangan tak terlupakan. Perjalanan yang jauh dan melelahkan ke desa terpencil di Kec. Paloh, Kab. Sambas ini akan terbayar ketika melihat birunya laut, dan putihnya pasir pantai Temajuk. Pantai ini hanya berjarak 4 Km dari border Indonesia-Malaysia, dan anda dapat menuju kesana untuk merasakan kehidupan di titik terdepan negeri ini, atau sekedar berfoto dengan latar belakang bendera dua negara.
4. Pulau Selimpai
image
Sumber
Masih di Kab. Sambas, Pulau Selimpai adalah pulau yang terpisah dari daratan utama oleh sebuah sungai. Pulau ini berbatasan langsung dengan laut Natuna, dan menawarkan pantai pasir putih dan jajaran hutan pinus. Pulau ini juga menjadi tempat penyu bertelur dan terdapat bekas penangkaran penyu. Dengan medan yang masih lebih mudah dari pantai Temajuk, pantai ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin menikmati pantai eksotis yang perawan di utara Kal-Bar.
5. Air Terjun Mananggar
image
Sumber
Bukan, Air terjun ini bukan Niagara di Amerika sana. Air terjun ini terletak di Kec. Serimbu, Kab. Landak sekitar 5 Jam perjalanan darat dari Pontianak. Menawarkan air terjun yang masih alami di tengah rimba Kalimantan, maka anda akan merasakan pengalaman tak terlupakan disini. Berinteraksi dengan masyarakat Dayak di sekitar air terjun juga akan memperkaya pengetahuan budaya anda.
6. Danau Sentarum
image
Sumber
Taman Nasional Danau Sentarum adalah taman nasional yang terletak di Kab. Kapuas Hulu. Perjalanan ke kabupatan ini dapat ditempuh satu hari perjalanan jalur darat dari Pontianak, atau 45 menit melalui jalur udara. Danau Sentarum merupakan danau penampung air hujan. Dikala musim penghujan, maka danau ini akan pasang, dan menggenangi pepohonan disana. Dikala musim kemarau, air mengering dan membuat areal danau seolah menjadi padang Sabana. Danau ini merupakan habitat Ikan Arwana dan merupakan daerah lingkup perhuluan sungai Kapuas.
7. Bukit Kelam
image
Sumber
Bukit Kelam adalah bukit batu yang terletak di Kab. Sintang. Dapat ditempuh sekitar 9 Jam perjalanan darat dari Pontianak. Batu ini kabarnya merupakan batuan monolit terbesar di dunia, lebih besar dari Uluru di Australia. Di kaki bukit ini, terdapat tempat ziarah jalan salib untuk agama Katolik. Mendaki bukit ini merupakan sesuatu yang menantang, dan cocok untuk mereka yang suka dengan olahraga panjat tebing.
8. Gunung Palong
image
Sumber
Taman Nasional Gunung Palong adalah taman nasional yang terletak di kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. Taman nasional ini ditetapakan sebagai taman nasional dengan ekosistem yang paling beragam di Indonesia. Taman nasional ini juga menjadi habitat Orang Utan, Bekatan dan Burung Enggang, binatang khas pulau Kalimantan. Jika beberapa bulan lalu anda sering melihat foto-foto Tim Laman di Instagram National Geographic, maka foto tersebut berasal dari taman nasional ini.
9. Kota Singkawang
image
Sumber
Tidak perlu jauh ke negeri Tiongkok sana untuk merasakan suasana kental etnis Tionghoa. Kota Singkawang adalah tempat dimana anda bisa merasakan budaya etnis tionghoa di tiap sisi kotanya. Kota yang dijuluki kota seribu kelenteng ini menawarkan atraksi Imlek dan Cap Go Meh, selain pantai pasir putih dan juga perbukitannya. Tidak seperti kota lain yang identik dengan peradaban etnis Tionghoanya dimana Bahasa Cina penduduknya sudah mulai luntur, Singkawang menawarkan sesatu yang berbeda dimana Bahasa Cina daerah seperti Hakka dan Tio Ciu masih digunakan dalam percakapan sehari-hari.
10. Rumah Radakng
image
Sumber
Merupakan rumah khas suku Dayak, Rumah Radakng, Rumah Betang atau Rumah Panjang merupakan objek yang wajib dikunjungi jika bertandang ke Kal-Bar. Mulai dari rumah betang yang masih tradisional di Kampung Saham Kab. Landak hingga rumah radakng modern di kota Pontianak bisa dijadikan pilihan anda untuk mengenal kehidupan sehari-hari orang Dayak.
11. Museum Negeri Kal-Bar
image
Sumber
Berkunjung ke museum ini cocok bagi anda yang suka mempelajari segala sesatu dengan cepat. Tidak perlu berkeliling Kalimantan Barat, berkeliling museum ini  saja sudah cukup memberikan kita pengetahuan lengkap tentang provinsi Kalimantan Barat. Dengan tiket masuk yang sangat murah, hanya 1000 rupiah maka berkunjung ke museum ini merupakan sesuatu yang sangat Worth It.

12. Hutan Kota Untan
image
Sumber
Bagi anda yang ingin merasakan sensasi hutan rimba Kalimantan, tetapi tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam menuju kesana, maka hutan kota Untan adalah jawabannya. Hutan kota yang ada dalam kompleks Universitas Tanjungpura ini terletak hanya “sepelemparan batu” dari pusat perdagangan Ayani Mega Mall. Jadi benar-benar ada di dalam kota. Di hutan ini anda dapat melihat tumbuhan liar seperti anggrek dan kantong semar, kayu-kayu langka dari Kalimantan, bahkan hewan-hewan yang sudah susah ditemui di dalam kota.
13. Kampung Beting
image
Sumber
Terlepas dari stigma tempat ini sebagai The Bronx nya Pontianak, mengunjungi Kampung Beting adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Melihat rumah-rumah penduduk berdiri diatas lumpur sungai Kapuas, membuat kampung ini terlihat seolah terapung. Di tempat inilah terdapat Istana Kesultanan Pontianak dan Masjid Jami. Anda juga bisa merasakan jembatan geretak terpanjang di dunia. Jembatan ini awalnya merupakan jalan yang terbuat dari kayu, yang menghubungkan rumah-rumah yang berdiri di atas air. Karena ketika dilewati kendaraan motor berbunyi “geretak geretak” maka jembatan kayu di Pontianak disebut geretak. Sayang beberapa geretak atasnya sudah di beton.
14. Sungai Kapuas
image
Sumber
Sungai terpanjang di Indonesia ini adalah nadi kehidupan rakyat Kal-Bar, sehingga jika anda menjelajahi sungai ini, maka anda akan semakin mengenal kehidupan masyarakat di provinsi ini. Menjelajahi sungai ini bisa dimulai dengan naik kapal wisata selama 45 menit di dalam kota Pontianak, hingga menyewa kapal tradisional yang akan mengantar anda menjelajahi sungai ini hingga perhuluannya di Kabupaten Kapuas Hulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar