Senin, 30 Juli 2012

Pameran Sejarah Lambang Negara Garuda Bertempat di Gedung Pancasila, Kementrian Luar Negeri RI, Jakarta…






(Foto foto dokumentasi )


“…NRMnews - JAKARTA, Jangan mengaku orang Indonesia bila belum melihat Garuda Pancasila, sosoknya yang gagah selalu hadir dalam ruang-ruang kelas, ruang-ruang kantor dan di mana saja di seluruh penjuru Tanah Air Indonesia.

Garuda Pancasila adalah lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu dalam rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI dan HUT Kementrian Luar Negeri RI ke 67 tahun 2012, Kementrian Luar Negeri RI mengadakan kegiatan pameran yang bertemakan “ Sejarah Lambang Negara Garuda ”.

Acara tersebut di gelar di Gedung Pancasila, Kementrian Luar Negeri RI, Jakarta. Pameran dilaksanakan dari tanggal 19 Juli – 14 Agustus 2012, pada setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis, pukul 09.00 – 14.00 Wib.

Dalam sambutan pembuka Dirjen A.M. Fachir menyatakan selain dalam rangka peringatan
HUT Kemerdekaan RI dan HUT Kemlu, pameran Sejarah Lambang Negara Garuda ini juga dimaksudkan sebagai Open House Gedung Pancasila kepada khalayak umum.

“…Koleksi Pameran Sejarah Lambang Negara Garuda Bertempat di Gedung Pancasila, Kementrian Luar Negeri RI, Jakarta….” Foto By : Red NRMnews

Di mana Gedung Pancasila merupakan Gedung bersejarah yang menjadi bagian penting dari berdirinya Negara Republik Indonesia ini.

Agar khalayak umum pun mengetahui bagaimana sejarah Gedung Pancasila ini, bagaimana Pancasila sebagai dasar negara lahir di gedung ini, juga dengan UUD 1945.

Pameran menampilkan 20 panel proses perancangan lambang negara, biografi para perancang lambang negara antara lain Ki Hajar Dewantara, Sultan Hamid II, Muhammad Yasin, M. Natsir, M.A. Pellaupessy dan Poerbatjaraka.

Selama pameran berlangsung, juga akan diputar film dokumenter mengenai proses awal perancangan lambang negara. Dalam kesempatan ini acara pembukaan dihadiri pula oleh berbagai kalangan mulai dari Sejarawan, akademisi, mahasiswa, pelajar, instansi-instansi pemerintah hingga media massa.

( Oleh : Red NRMnews / Santi Widianti )

2 komentar:

  1. Ambassador A. M. Fachir DirJen Komunikasi Publik KEMENLU RI ternyata Habaib dari Keluarga Assegaff.

    BalasHapus
  2. Al;hamdulillah,mudah mudahan ade kepedulian ye Om?

    BalasHapus